Lava Tour, Menengok Keganasan Gunung Merapi

Kalau anda kebetulan tinggal di Yogyakarta atau Jawa Tengah, pasti sudah akrab dengan Gunung Merapi. Gunung ini masih aktif, sehingga beberapa kali terjadi letusan dahsyat. Mungkin anda ingin tahu seberapa dahsyat letusan merapi. Nah, anda bisa mengunjungi Lava Tour di kawasan Kaliadem, Sleman.
Tempat ini dapat dicapai dari kota Jogja sekitar 1 jam perjalanan. Lokasinya berdekatan dengan Wisata Kaliurang.
Dilokasi ini terdapat danau penampungan muntahan lava dari merapi. Disini kita bisa menjumpai batu-batu besar dan pasir. Pasir ini oleh warga di angkut dengan truk-truk untuk dijadikan bahan bangunan.
Kita juga bisa menyaksikan bekas ruko/rumah yang tenggelam terkubur muntahan material merapi. Dibeberapa lokasi, kita bisa menyaksikan beberapa bunker yang digunakan untuk persembunyaian darurat kala terjadi letusan. Salah satu bunker terbesar terlihat di dekat pintu masuk Lava Tour. Bunker ini saat letusan terakhir terkubur dengan lava panas dan material sehingga mengakibatkan seorang warga tewas.
Meskipun berada di lereng merapi, jangan takut untuk berkunjung. Selama tidak terjadi bahaya letusan, tempat ini dibuka untuk umum setiap hari.
Di lokasi ini juga terdapat deretan pedagang yang menjajakan kopi merapi, makanan ringan, bunga edelwes hingga deretan foto riwayat letusan merapi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s