Kiat Bisnis Online ala Mb Ollie-nulisbuku.com

 

Contoh produk yang dijual secara online di cocomomobags.com

Contoh produk yang dijual secara online di cocomomobags.com

Pengguna internet di Indonesia setiap hari terus tumbuh. Internet saat ini bukan barang mahal, setiap hari jutaan orang terhubung internet. Peluang bisnis online pun semakin terbuka. Bagi kita yang jeli, sayang dong kalau kesempatan ini kita sia-siakan.

Beruntung sekali saya berkesempatan bertemu dan bertanya langsung kepada Mb. Ollie (Auliah Salsabilla) pemilik nulisbuku.com yang barusan dapat
penghargaan Best e-commerce Sparx Up Award 2010. Selain Nulisbuku.com, mb Ollie juga pemilik web kutukutubuku.comlangsingmulus.com,tukusolution.com dan beberapa web lainnya.

 

Sebenarnya selain Mb Ollie ada juga Pak Budiono Sudarsono, pendiri situs digital Detik.com yang juga berbagi kiat membangun detik.com dari nol hingga besar seperti sekarang. Kalau dulu saat-saat awal merintis harus merayu orang untuk beriklan, kini pengiklannya yang harus antri menunggu giliran. Coba bayangkan untuk iklan benner kecil setengah ukuran kartu nama aja tarifnya di atas 20jt/hari, padahal banyak tuh benner iklan yang tayang tiap hari (wuih hebat ya). Namun kali ini saya fokus aja menulis kiat membangun bisnis online versi Mb Ollie. /p>

Langsung saja, berikut beberapa kiat membangun situs bisnis online versi Mb Ollie

Temukan passions.

Cari kira-kira minat kita dibidang apa. Kalau bisa sih, bisnis online yang akan kita buat sesuai dengan hobi/kecocokan bidang.

Cari partner

Bisa sih bisnis online dijalankan sendiri. Namun pemikiran/ide dari beberapa orang bisa jadi akan membuat bisnis tumbuh lebih cepat. Dalam mencari partner nggak usah jauh-jauh, bisa teman, atau keluarga.

Buat outline/plan

Menyiapkan rencana sebelum semua dimulai sangat dianjurkan. Nggak harus sempurna kok, saat bisnis sudah jalan tentu kita menemukan kelemahan. Nah kelemahan yang kita temukan itu tinggal kita sempurnakan sembil jalan.

Buat target dan schedule

Setelah bikin plant, tinggal kita bikin target, kapan mulai akan dilaunching web kita. Beritakan kepada teman-teman kita (bisa via sms, facebook atau twitter), bahwa tanggal sekian kita akan launching. Nggak usah malu meski web kita masih belum bagus, yang penting keberadaan web kita dikenali dulu.

Pilihlah bisnis yang marjinnya cukup besar dan dibutuhkan orang banyak

Bingung milih produk yang akan kita jual secara online?

Yellopages.com, 88db.com mungkin bisa membantu kita mencari suplayer dan produk yang laris dipasaran.

Buatlah bisnis yang unik, limited dan Indonesia banget

Sesuatu yang unik pastinya akan menarik dan dicari. Hal itu yang bisa membuat web kita cepat dikenali.Contohnya produk tas di cocomomobags.com. web ini menyediakan produk tas dengan desain yang limited, berkualitas dan bagus.

Website yang kita buat hendaknya pendek saja.

Tujuannya biar mudah diingat. Pilihlah nama yang simple dan sesuai dengan bidang bisnis.

Konten website

Konten web yang harus ada di web kita diantaranya :

Profil – katalog product – cara belanja –testimoni – info kontak – artikel

Testimoni ini penting untuk menumbuhkan kepercayaan customer kita. Mintalah testimony kepada orang yang pernah beli ke tempat kita. Anda juga bisa mengirimkan produk kita secara gratis kepada artis/tokoh, sebagai kompensasinya mintalah testimoni untuk kita tampilkan di web kita.

Cara pembayaran dan pengiriman

Kalau bisa miliki rekening BCA sebagai tempat pembayaran dari konsumen, mengingat BCA sdh cukup familiar dan banyak digunakan. Untuk pengiriman bisa memakai JNE Tiki.

Domain & Hosting

Untuk mengawali, tidak harus langsung beli domain/hosting. Blogspot, Multiplay atau wordpress bisa dimanfaatkan secara gratis. Bisa juga menggunakan Jomlaa yang pengelolaannya mudah, anda cukup beli domain (lebih baiknya pakai .com aja) Contoh web yang dibangun dengan jomlaa dan kini sdh beromset besar misalnya infokost.com

Demikian, semoga bermanfaat !

2 thoughts on “Kiat Bisnis Online ala Mb Ollie-nulisbuku.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s