Eksotika Air Terjun Parang Ijo

Eksotika Air Terjun Parang Ijo di Kab. Karanganyar

Eksotika Air Terjun Parang Ijo di Kab. karanganyar

Karanganyar memang surganya wisata alam di Jawa Tengah. Bagaimana tidak, ada banyak objek wisata di kabupaten yang berada di lereng gunung Lawu ini. Setidaknya ada tiga air terjun besar disini. Selain Air Terjun Grojogan Sewu dan Jumog, ada satu lagi air terjun yang sangat indah  dan mudah dijangkau. Namanya air terjun Parang Ijo, lokasinya di kecamatan Ngargoyoso. Bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekitar 35 km dari Solo, atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 m dan berada diketinggian 1.ooo m dari permukaan air laut, menempati kawasan seluas 2 Ha di lereng Gunung Lawu.Di kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan kolam renang, area penjualan makanan dan minuman, mushola, ruang pertemuan, dan gardu pandang di sepanjang bukit di sisi selatan air terjun. Untuk masuk ke lokasi ini, anda cukup membayar Rp. 2.500, sangat murah bukan !

Kumpulan air terjun kecil (rembesan) yang indah dipandang mata

Kumpulan air terjun kecil (rembesan) yang indah dipandang mata

Daya tarik lain dari lokasi wisata ini adalah adanya air terjun kecil (semacam rembesan air sepanjang sekitar 20 meter dan setinggi 10 m). Aliran air ini nampak begitu indah saling bersambung menjadi satu-kesatuan. Dari kejauhan nampak seperti kaca yg dialiri air. Kalau belum puas, silahkan berkeliling menaiki seribuan tangga menuju bukit di atas air terjun. Ditanggung anda akan menyerah ditengah jalan. Namun jangan khawatir, anda bisa sejenak melepas lelah di salah satu gardu pandang  sembari mengumpulkan tenaga. Sebenarnya dari bukit ini kita bisa menikmati pemandangan di kawasan air terjun dan pemandangan luas kota Karanganyar dan kota Solo, namun sayang rerimbunan pohon menghalangi sebagian pandangan kita.

Kalau anda belum puas menikmati wisata alam di Parang ijo dan masih punya waktu, saya sarankan anda melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Jumog yang lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi ini. Atau bisa juga ke Candi Sukuh yang jaraknya hanya 3 km dari Jumog.  Bisa juga ke candi Cetho. Kalau anda ingin bergaya seperti foto pre wedding, silahkan ke perkebunan teh Kemuning. Dijamin anda akan mendapatkan foto dengan pemandangan yang indah. Selamat berwisata !

2 thoughts on “Eksotika Air Terjun Parang Ijo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s