Tips Mudik Asyik dan Aman

Lebaran sebentar lagi, saatnya mudik nih !

Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, tradisi massal nan unik dimana warga satu negara secara bersama-sama pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran. Kata mudik sendiri konon berasal dari bahasa Betawi yang merupakan lawan kata dari “milir” (yang berarti pergi). Kata “milir” merupakan turunan dari “belilir” yang berarti: pergi ke Utara. Dulu, tempat usaha banyak berada di wilayah Utara (sebagaimana terlihat dari dokumentasi sejarah Batavia dan Sunda Kelapa). Karena itulah kata “mudik” bermakna: Selatan. kata “mudik” dalam istilah Betawi juga mengartikan “menuju udik” (pulang kampung). Masih ada lagi beberapa pendapat tentang asal muasal kata mudik, namun saya sepertinya lebih setuju dengan argumen diatas.

mudik6Saat tradisi mudik ini kecelakaan lalu lintas meningkat tajam. Praktisi safety driving dari Jakarta Defensif Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menilai tidak ada kegiatan yang dapat menyebabkan kematian banyak orang hanya dalam waktu dua pekan kecuali aktivitas mudik Lebaran. Menurut Jusri, penyebab utama kecelakaan yang terjadi di jalan adalah karena pengetahuan safety driving yang dimiliki mayoritas pengemudi di Indonesia masih sangat lemah. Nah kan…so..persiapkan dengan sebaik mungkin saat anda memutuskan menggunakan mobil atau sepeda motor untuk mudik. Pemerintah sendiri menghimbau masyarakat untuk memilih transportasi massal untuk mudik daripada menggunakan mobil apalagi sepeda motor, namun karena berbagai pertimbangan mudik menggunakan alat transportasi ini masih banyak digemari.

Nah, agar mudik anda asyik berikut beberapa tips yang bermanfaat untuk persiapan mudik maupun saat akan balik ke tempat kerja…

1. Cek Keamanan Rumah

Saat mudik anda akan meninggalkan rumah anda dalam waktu yang cukup lama. Nah, jangan lupa periksa keamanan rumah anda sebelum mudik. Tutup semua pintu dan jendela untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa cabut semua “colokan” listrik yang tidak perlu serta matikan lampu, selain untuk menghemat listrik juga untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya konsleting listrik. Sangat disarankan anda menitipkan rumah pada tetangga anda yang tidak mudik.

2. Periksa Kendaraan dan Kondisi Kesehatan Anda

Lakukan pemerikasaan/service kendaraan sebelum mudik

Lakukan pemerikasaan/service kendaraan sebelum mudik (Foto: Dok pribadi)

Persiapkan kendaraan sebaik mungkin. Lakukan service, penggantian oli sebelum mudik. Jangan lupa bawa peralatan standar seperti obeng, kunci Inggris  dan lain-lain untuk berjaga-jaga seandainya terjadi masalah di jalan. Jika anda mudik bersama orang yang mahir menyetir, dianjurkan saling bergantian menyetir. Selain kendaraan anda juga perlu memerikasa kondisi tubuh, jika tidak fit, jangan dipaksakan untuk mudik dengan kendaraan pribadi. Jangan lupa persiapkan obat-obatan dan P3K. Tidurlah yang cukup sebelum mudik.

3. Persiapkan Barang untuk Mudik

Bawalah barang penting saja, tetap patuhi aturan berlalu lintas

Bawalah barang penting saja, tetap patuhi aturan berlalu lintas

Siapkan barang yang akan anda bawa untuk mudik. Bawalah barang yang penting saja. Barang yang berat juga harus dihindari agar beban lebih ringan.

4. Persiapkan Jalur yang ingin ditempuh

Persiapkan peta sebagai panduan. Anda bisa membeli peta di toko buku atau download saja Peta Jalur Mudik Jawa-Bali 2013 disini. Oya, menurut akun twitter Gramedia, ada peta mudik gratis lho di Toko Buku Gramedia Jabodetabek. Carilah informasi jalur mudik yang aman dan nyaman

Nih ada peta mudik gratis di Toko buku Gramedia Jabodetabek

Nih ada peta mudik gratis di Toko buku Gramedia Jabodetabek

menuju tempat anda, bisa melalui internet, TV atau sumber yang lain. Manfaatkan GPS sebagai salah satu panduan navigasi anda. Belum punya GPS, beli saja di Lazada. Selain GPS beneran disarankan anda tetap menggunakan GPS manual yakni “Gunakan Penduduk Setempat” untuk bertanya. O ya, jangan ragu menggunakan jalur alternatif saat jalur utama terlalu padat atau bahkan macet. Jalur alternatif biasanya lebih lengang dari kendaraan. Saya sendiri saat sampai Kebumen menggunakan Jalur Alternatif Selatan-Selatan yang menyusuri pantai selatan dari Kebumen-Purworejo-Kulonprogo setelah sebelumnya menggunakan Jalur Selatan. Namun perlu diingat jalur alternatif biasanya kelengkapan seperti lampu jalan dan SPBU masih minim.

5. Istirahat Cukup

Jangan sungkan untuk mampir ke rest area/posko mudik

Jangan sungkan untuk mampir ke rest area/posko mudik (foto: Otomotifnet.com)

Saat mudik menggunakan mobil/motor anda tidak bisa memaksakan untuk cepat sampai tujuan. Kita harus menyediakan waktu yang cukup untuk beristirahat. Idealnya setiap 2 jam perjalanan anda harus istirahat 30 hingga 60 menit. Jangan sungkan untuk mampir ke Rest Area saat anda sudah capek. Rest Area biasanya dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari TV untuk memantau arus mudik, hiburan, pijat gratis. Di rest area biasanya juga disediakan peta gratis yang bisa anda gunakan sebagai panduan. Selain Rest Area, masjid bisa jadi pilihan untuk istirahat sekaligus menjalankan sholat. Instirahat yang paling bagus sih tidur. Jangan sampai saat berkendara anda ngantuk..sangat berbahaya.

6. Taatilah Rambu Lalu Lintas

Anda akan menemui hambatan saat mudik: kemacetan, kesemrawutan lalu lintas. Tetap patuhi aturan dan rambu lalu lintas

Anda akan menemui hambatan saat mudik: kemacetan, kesemrawutan lalu lintas. Tetap patuhi aturan dan rambu lalu lintas (Foto: http://yamaha-kaltim.co.id/)

Penyebab kecelakaan terbesar adalah karena pengendara mengabaikan rambu lalu lintas. Saat mudik merupakan saat kepadatan arus paling tinggi. Jangan saling berebut, utamakan keselamatan.

Anggaplah perjalanan mudik itu sebagai rekreasi yang menyenangkan. Kalau saya sendiri sih kemarin mudik sambil rekreasi beneran, mampir ke beberapa destinasi wisata. Hal ini saya lakukan karena jalanan belum terlalu padat, waktu masih panjang dan keinginan saya untuk berwisata di beberapa objek wisata yang kebetulan saya lintasi.

Oya, sangat penuhi kebutuhan narsis anda saat mudik, mungkin ini pertama kalinya anda mudik so sangat anda nantikan. Jangan pendam potensi narsis anda, saat istirahat atau mampir ke objek menarik abadikan momen anda dengan kamera atau handphone. Belum punya kamera/handphone..Jangan minta saya..he..he..beli aja di Lazada, mumpung lagi ada promo diskon hingga 85% di Ramadhan Fest 2013 !

Berbagai Kebutuhan mudik bisa anda dapatkan di Lazada Mudik Sale

Berbagai Kebutuhan mudik bisa anda dapatkan di Lazada Mudik Sale

Demikian tips mudik dari saya, semoga bermanfaat dan mudik anda jadi Mudik yang asyik ! Tetap berhati-hati di jalan, keluarga menunggu di rumah.

6 thoughts on “Tips Mudik Asyik dan Aman

  1. Selamat Pagi, Belanja di Lazada memang menyenangkan dan aman, saya berhasil membeli kamera untuk acara lebaran kemaren😀
    pengalaman saya bisa dibaca di blog.rianpiarna.com

    Mohon maaf apa bisa bantu isi kuesioner penelitian saya tentang belanja online, kuesioner diisi secara online disini http://goo.gl/TtxTqf

    Terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s