Cerita Mudik, Lebaran Asyik Bersama Smartfren

Lebaran tahun ini terasa lebih istimewa, tak lain dan tak bukan karena pada tahun ini saya memiliki waktu libur yang lebih panjang sehingga dapat silaturahmi dengan seluruh keluarga serta mengisi libur lebaran dengan piknik bersama keluarga.

Berbagi

Diawali dengan kegiatan berbagi sembako bersama temen-teman SBS (Solo Bersama Selamanya) pada 20 Juli 2014 di lapangan Kota Barat. Ada 9.500 paket bingkisan lebaran yang dibagikan kepada dhuafa di kawasan Solo Raya. Bingkisan tersebut merupakan hasil donasi dari komunitas, organisasi dan pengusaha di Solo. Agar pengambilan berjalan tertib maka pengambilan dibagi menjadi 4 gelombang, masing-masing kurang lebih 2.500 orang per sesi . Yakni jam 08.30-09.30 WIB, 09.30-10.30 WIB, 10.30 – 11.30 WIB, dan 11.30-12.30 WIB. Adapun paket bingkisan tersebut berisi : beras, minyak goreng, mie, dan astor. Pemberian bingkisan tersebut merupakan komitmen kita bersama untuk saling berbagi agar semua warga ceria di Idul Fitri. Tidak lupa diakhir acara wajib selfie dan mengabadikan kegiatan dengan Smartfren Andromax U.

Pembagian 9.500 paket bingkisan sembako

Perjalanan Mudik

Next, H-2 lebaran meluncur ke Kebumen. Kalau tahun lalu kita berlebaran di Sragen, tahun ini kita berdua berlebaran di Kebumen, tempat mertua. Sengaja berangkat siang hari dari Solo agar bisa sekalian mampir ke beberapa objek wisata. Dari Solo – Jogja jalanan sudah cukup rame oleh pemudik.

Bekal mudik yang ini nggak boleh ketinggalan... Smartfren Andromax U

Bekal mudik yang ini nggak boleh ketinggalan… Smartfren Andromax U

Sampai Jogja kita ambil jalur alternatif selatan-selatan yang melewati pesisir pantai selatan. Setelah lewat kota Jogja, ambil jalur menuju pantai Glagah Kulonprogo. Nah setelah pantai Glagah ini kita tinggal lurus saja melewati pesisir pantai selatan. Jika ada waktu, kita bisa singgah ke beberapa pantai di jalur ini diantaranya pantai Glagah, Congot, Jatimalang, Ketawang, Pasir Puncu. Saya sendiri memilih mampir ke pantai Glagah dan Congot di Kulonprogo. Dipantai Glagah terdapat laguna dan beton pemecah ombak yang tidak akan kita jumpai di tempat lain. Alasan lainnya karena pantai Glagah dan pantai Congot paling dekat dengan jalur selatan sehingga tidak banyak menyita waktu perjalanan mudik kita.

Suasana pantai Congot di Kulonprogo

Jalur selatan-selatan memang tidak seramai jalur selatan yang melewati kota Purworejo, hanya kendaraan pribadi dan beberapa bus besar yang lewat jalur ini sehingga bagi saya justru terasa lebih nyaman. Sepanjang perjalanan dari Jogja hingga Kebumen, jumlah lampu merah dapat dihitung. Asyiknya lagi di perjalanan ketika melewati jembatan kita bisa melihat laut luas di kejauhan.

Suasana jalan dan pemandangan di jalur selatan-selatan

Kami tiba di Ambal, Kebumen tepat saat adzan Maghrib berkumandang. Meskipun perjalanan dengan sepeda motor kita tempuh lebih kurang 5 jam, namun terasa tak melelahkan karena perjalanan yang asyik, bisa sekalian piknik dan selfie asyik dengan Smartfren Andromax U.

Lebaran

Akhirnya lebaran tiba..pagi-pagi kami sudah berkemas untuk sholad Id di halaman masjid dekat rumah. Ada hal yang berbeda dengan tradisi mudik di kampung saya dengan kampung istri. Kalau disini, sehabis sholat id seluruh jamaan mendapat sajian makanan. Makanan ini sebagai tanda rasa syukur atas atas tuntasnya ibadah puasa. Seusai sholat, langsung sungkem ke mertua, ketempat saudara dan berkeliling ke tetangga terdekat.

Lebaraaan :)

Lebaraaan🙂

H+1 : Silaturahmi

Lebaran kedua kami berkemas untuk mudik ke Sragen. Masih lewat jalun selatan-selatan biar nggak terjebak macet di jalan. Wah ternyata  rame…semua keluarga kumpul termasuk keluarga dari Bekasi dan Jakarta. Silaturahmi lanjut ke tetangga, saudara. Dan seperti biasa diakhiri dengan makan-makan dan foto selfie ..hi..hi…😉

Kemeriahan Lebaran di Rumah

H+3 : Wisata

Hari ketiga kami habiskan untuk wisata ke kota Solo dan Boyolali. Kami mengunjungi taman Balekambang,  Night Market Ngarsopuro dan Taman Air Tlatar. Taman Balekambang merupakan taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah pada tahun 1921. Taman seluas lebih dari lima hektar ini memiliki belasan pepohonan berusia ratusan tahun yang begitu teduh, selain itu ada berbagai satwa yang dilepas secara bebas seperti kijang.  Disini juga tersedia berbagai wahana bermain, pemancingan, perahu bebek, taman reptil. Setiap bulan digelar pentas Ramayana gratis di area open stage taman Balekambang.

Piknik keluarga ke taman Balekambang, Solo..mumpung kumpul :)

Piknik keluarga ke taman Balekambang, Solo..mumpung kumpul🙂

Selanjutnya ke taman air umbul Tlatar di Boyolali. Asyiknya tempat ini ada ribuan ikan dengan air yang jernih yang akan memukau pengunjung. Dijamin akan betah berlala-lama jika sudah disini. Seperti rombongan kita…direncanakan cuma 2 jam..eh molor jadi 3 jam lebih ..he..he..keasyikan sih! Acara piknik ditutup dengan wisata belanja di Night Market Ngarsopuro, Solo. Ternyata disini kita adalah pengunjung paling awal..bahkan saat lapak belum dibuka. Pasar malam ini buka pukul 19.00 WIB, nah kita sudah nunggu disini mulai pukul 5 sore..jadinya nunggu 2 jam deh! Tapi ndak apa2 tetep seru-seruan kuliner dan selfie.

Main air dan pesta ikan di Taman Air Tlatar

Lebaran kali ini jadi keren karena ada Smartfren yang selalu bisa diandalkan. Sinyal kuat, bisa selfie & update status dimana aja !

Thank you Smartfren Andromax U-ku..lebaran jadi keren dan menyenangkan :)